Skip to content
Home » Soal Pembahasan TOEFL Stucture

Soal Pembahasan TOEFL Stucture

    Sebelum membahas contoh soal dan pembahasan toefl stucture, ada baiknya kita sedikit membahas tentang TOEFL itu sendiri. Seperti yang kita ketahui bersama, tes bahasa Inggris saat ini digunakan untuk berbagai macam keperluan baik di dalam maupun luar negeri. Tes ini terutama diperlukan di dalam negeri sebagai persyaratan kelulusan kuliah atau untuk melamar pekerjaan. Sebenarnya ada beragam tes bahasa Inggris yang bisa diikuti, seperti TOEIC, IELTS, dan juga TOEFL. Hanya saja untuk saat ini, TOEFL masih menjadi tes yang paling banyak digunakan. Di dalam TOEFL, salah satu bagian yang diujikan adalah structure and written expression, dan banyak orang yang beranggapan bahwa ini adalah bagian yang paling sulit, karenanya banyak orang yang mencari contoh soal dan pembahasan TOEFL structure ini.

    Jumlah soal dalam Structure and written expression sebenarnya adalah yang paling sedikit jika dibandingkan dengan bagian yang lain, yaitu 40 soal. Hal ini sebenarnya bisa menjadi salah satu keuntungan tersendiri bagi kita, karena dengan begitu, nilai konversi dari 1 jumlah soal yang benar kita jawab, akan lebih tinggi jika dibandingkan pada bagian-bagian yang lain. Bagian ini juga sebenarnya bagian yang paling bisa dipelajari, salah satunya dengan mencari kumpulaan soal dan pembahasan toefl structure itu sendiri.Hal ini dikarenakan, seperti kebanyakan soal pada tes-tes yang lain, selalu akan ada pengulangan pola pertanyaan dari suatu tes yang digunakan pada tahun-tahun sebelumnya.

    Bagian dalam tes ini sebenarnya dibagi menjadi 2 besar, yaitu bagian structure, dimana kamu akan mendapati soal pilihan ganda, dan untuk cara menjawabnya adalah dengan cara memilih jawaban, bisa berupa suatu kata atau frase untuk melengkapi kalimat yang diberikan. Sementara untuk bagian written expression, kamu akan mendapati soal yang berupa kalimat lengkap dengan beberapa bagian yang digaris bawahi, dan yang harus kamu lakukan adalah menentukan bagian mana yang salah dalam kalimat tersebut, tanpa harus mencari jawaban benarnya.

    Tentu dengan mengetahui soal-soal sebelumnya yang pernah keluar pada tes bagian ini, akan sangat membatu kita dalam berlatih dan juga belajar mengenai pola-pola apa yang sering keluar pada tes TOEFL. Hanya saja, bagi beberapa orang dari kita, tidak cukup hanya dengan tau soalnya seperti apa, tanpa tau jawaban dari soal tersebut. Kalaupun sudah tau jawabannya apa, kurang lengkap rasanya jika tidak tau, apa apalasan kenapa jawaban itulah yang benar. Kebanyakan kumpulan soal yang ada di internet hanya berupa soal dan jawaban, dan masih jarang terdapat kumpulan soal dan pembahasan toefl structure yang bisa diakses untuk keperluan belajar.

    Tapi kamu tidak perlu khawatir lagi, karena bisa jadi pencarianmu akan berakhir disini, karena di toeflgratis.com, kamu akan menemukan banyak sekali kumpulan latihan soal-soal TOEFL, tidak hanya untuk bagian structure, dan ada banyak contoh soal yang disertakan pembahasan soalnya. Semua kumpulan dan pembahasan soal TOEFL tersebut, bisa kamu akses setiap saat dan dimana saja.

    Baca Juga : Tips Listening TOEFL Yang Paling Manjur

    Mumpung kamu masih disini, sekalian pelajari tips dan trik pengerjaan soal structure dari kami berikut ini :

    1. Mengidentifikasi subjek serta kata kerja di dalam suatu kalimat. 

    Dalam bahasa Inggris, salah satu aturan baku yang harus ada didalam suatu kalimat adalah adanya subjek dan juga kata kerja. dan mampu mengidentifikasi kedua hal ini dalam suatu kalimat merupakan hal yang sangat penting untuk kamu lakukan. Mengidentifikasi subjek dan kata kerja merupakan cara pertama yang bisa kamu untuk bisa menjawab soal TOEFL structure dengan gampang. Hanya saja proses identifikasi ini tidak selamanya mudah, dalam beberapa kalimat, subjek dan kata kerja akan bisa kamu temukan dengan mudah. tetapi, ada beberapa kalimat yang memiliki struktur kalimat yang akan membuat kamu bingung dalam mengidentifikasi subjek dan kata kerja. Untuk itu, dibutuhkan banyak latihan soal dan beserta pembahasan structure TOEFL agar kamu dapat terbiasa dengan struktur kalimat dalam tes TOEFL.

    2. Pilihan jawaban yang tersedia, bisa jadi menjadi kunci.

    Setelah kamu berhasil mengidentifikasi komponen kalimat; dan bisa menentukan mana yang merupakan subjek, predikat, objek, dan juga kata keterangan, maka akan lebih mudah bagimu untuk dapat mengetahui mana pilihan yang tepat untuk melengkapi kata yang kurang dalam kalimat yang ditanyakan. Dalam menjawab soal TOEFL structure, kamu perlu memperhatikan komponen apa yang hilang dari kalimat tersebut dari pilihan-pilihan yang tersedia. Biasanya, pilihan jawaban yang diberikan, akan dapat membatu kita dalam menemukan jawaban yang tepat, oleh karena itu, selalu perhatikan juga piliha jawaban yang disediakan.

    3. Lakukanlah proses eliminasi

    Jika setelah berkali-kali membaca soal dan juga pilihan jawaban yang tersedia kamu masih juga belum bisa menjawabnya, makan kamu bisa melakukan proses eliminasi. Cobalah untuk mengeliminasi sebanyak mungkin bagian yang menggangu. Umumnya pilihan jawaban yang tersedia salah karena:

    • Hilangnya bagian kata atau frasa yang penting, jadi kalimat tersebut masih kurang lengkap.
    • Adanya kalimat atau frasa tidak penting yang masuk ke dalam kalimat.
    • Bagian dari pilihan jawaban mengandung kesalahan grammar.

    Setelah kamu mengeliminasi sebanyak mungkin pilihan jawaban, baca kembali kalimat jawaban yang telah kamu pilih. Jika jawabannya tidak terkesan baik (secara intuisi) atau terdengar aneh, ada kemungkinan itu salah. Jika kamu masih belum dapat memutuskan, maka tinggalkan pertanyaan yang membingungkan tersebut dan lanjutlah mengerjakan pertanyaan lain. 

    coba belajar lagi tentang TOEFL dan yang lainnya disini

    Itu adalah beberapa tips yang bisa kami berikan. Jangan lupa untuk memperbanyak latihan soal dan juga pelajari pembahasan soal structure. Semua itu bisa kalian akses disini.

    Setelah mempelajari semua soal dan pembahasan TOEFL, sekarang saatnya untuk melakukan simulasi TOEFL secara gratis, semua itu bisa kamu akses disini ya.

    Semoga sukses untuk tes TOEFL kalian berikutnya ya

    error: Content is protected !!